Home berita Lagi, Siswa Matauli Wakili Sumut di Olimpiade Bahasa Jerman Tingkat Nasional

Lagi, Siswa Matauli Wakili Sumut di Olimpiade Bahasa Jerman Tingkat Nasional

516
0
SHARE
Lagi, Siswa Matauli Wakili Sumut di Olimpiade Bahasa Jerman Tingkat Nasional

Keterangan Gambar : Bonita Irene Aruan dan guru pembimbingnya Dona Elebanty Purba

Mataulinews.com - Goethe-Institut Indonesien kembali mengadakan Olimpiade Bahasa Jerman Tingkat Nasional. Olimpiade ini akan diselenggarakan tanggal 28 hingga 30 Januari 2019 di Jakarta.

Ajang ini juga didukung oleh Pusat Pengembangan dan Pemberdayaan Pendidik dan Tenaga Kependidikan (PPPPTK) Bahasa dan Kedutaan Besar Republik Jerman.

Adalah Bonita Irene Aruan (XI IPS-2), salah satu siswa yg mewakili tim Olimpiade Sumatera Utara. Bonita berasal dari SMA Negeri 1 plus Matauli Pandan. Meski ia tak sendiri, karena ada juga perwakilan dari SMA Dell, MAN 1 Medan, serta SMA Sutomo 1.

Dari 25 provinsi yang ikuti seleksi tersebut akan dipilih sebanyak 65 finalis. Menyusul akan diambil enam siswa dengan nilai terbaik dan akan berkesempatan mengunjungi Jerman melalui 4 beasiswa dari PAD (Pädagogischer Austauschdienst/ Dinas Pertukaran Pendidikan) dan 2 beasiswa kursus remaja di Goethe-Institut Jerman.

Juara pertama dan kedua akan mewakili Indonesia pada ajang Olimpiade Bahasa Jerman Tingkat Internasional yang diselenggarakan oleh Goethe-Institut di Frankfurt, Jerman.

"Dalam ujian, kita akan mendapatkan tema bagaimana mengatasi situasi sehari-hari dalam bahasa Jerman, seperti memahami acara radio, melakukan percakapan mengenai minat dan hobi, memahami informasi dari sebuah surat atau artikel surat kabar atau menulis pesan," urai Bonita usai menjalani pembinaan.

Sedangkan tentang materi ujian, Dona Elebanty Purba sang guru pembimbing Bonita menjelaskan, bahwa terdapat berbagai topik yang dibahas dalam lomba ini.

"Di antaranya tentang keluarga, bepergian, tempat tinggal, sekolah dan kehidupan sehari-hari di Jerman dan Indonesia," katanya.

Sementara itu Kepala Sekolah SMA Negeri 1 Matauli Pandan Murdianto meminta dukungan doa, agar Bonita dapat memenangkan lomba tersebut.

"Kita bersama turut mendoakan agar siswa kita dapat merebut juara kembali di ajang tersebut," katanya.

Diketahui, di ajang olimpiade tersebut pada tahun 2017/2018, SMAN 1 Matauli Pandan merebut juara ke-2 dan mendapatkan beasiswa pertukaran pelajar ke Jerman atas nama Cristine Depari.

Laporan   :     Yohana

Redaktur  :     Astri