Home berita Bagaimana Jika Kita Semua Pahlawan?

Bagaimana Jika Kita Semua Pahlawan?

363
0
SHARE
Bagaimana Jika Kita Semua Pahlawan?

Kau tahu apa arti pahlawan? Bukan hanya dia yang mati disaat perang, bukan hanya dia yang mau berkorban demi bangsa dan negaranya. Mari berpikir lebih jauh tentang sosok pahlawan, apalagi di konteks kekinian.

Jika sudah, akan kutebak: yang kau pikirkan pasti guru . Tapi tunggu, pahlawan yang kumaksud bukan beliau, karena sosok pahlawan tanpa tanda jasa itu diketahui oleh semua orang. Mari mencoba hal baru. Melihat sosok pahlawan dari sudut pandang lebih sederhana dan dari hal-hal yang lebih kecil.

Bagaimana bila kubilang bahwa kau adalah pahlawan. Kau menjadi pahlawan karena telah memberikan seutas senyuman kepada seseorang saat kau di perjalanan ke sekolah? Hal yang sepele memang. Tapi berdampak besar. Senyumanmu bisa saja membangkitkan semangat seseorang saat dia sudah mencapai titik akhir perjuangannya.

Bagaimana juga jika kau kusebut pahlawan, karena sampah yang kau buang tadi pada tempatnya. Setidaknya tindakan kecil itu bisa mencegah banjir bukan? Atau tidak merusak estetika.

Atau mari kita balik lagi, karena senyumku atau karena tulisanku ini, kau juga menyebutku sebagai pahlawan? Setidaknya karena tulisan sedikit inimembuatmu ikut senyum-senyum dan kemudian menumbuhkan motivasi baru bagimu. Bagaimana?

Jika kita bersepakat, maka kita semua pahlawan. Mungkin bagi diri sendiri. Atau bagi beberapa orang di lingkungan sekitar kita. Dan karena itu, tetap sebarkan kebaikan, dari hal sekecil apapun itu.

Penulis            : Fatimah
Redaktur         : Ivana